Anda Menggunakan Oven Microwave? Cari Tau Yuk Efek Negatifnya

Dalam hidup kita sehari-hari, memasak merupakan salah satu hal yang utama dalam setiap rumah tangga. Secara umum, mamasak biasanya menggunakan kompor sumbu atau juga kompor gas atau juga ada sebagian orang menggunakan kayu bakar dalam setiap memasak makanan. Lain dari itu, tidak sedikit pula orang jika memasak menggunakan mesin atau yang namanya microwave oven. Nah.. disini kami akan mengupas tuntas mengenai Microwave oven.

Microwave oven adalah jenis oven yang menggunakan radiasi gelombang micro untuk memanaskan makanan atau memasak makanan. Tapi taukah anda apa pengaruh dari alat tersebut? Yuk kita simak saja penjelasannya disini.

Seberapa sering Anda menggunakan microwave oven untuk memanaskan atau memasak makanan Anda? Sebelum Anda menggunakan perangkat yang satu ini, sebaiknya cari tau dulu apa pengaruhnya pada kesehatan. Memang benar, 90% orang Amerika menggunakan alat ini alat untuk memasak. Tidak hanya orang Amerika saja, tetapi negara Timur juga telah mengikuti jejak orang Amerika dengan menggunakan alat memasak tersebut.

Beberapa tahun terakhir ini, Microwave oven sudah menjadi tren memasak dan efisien dalam hal waktu. Selama adanya alat tersebut, diketahui lebih dari jutaan orang telah menggunakan alat memasak ini. Sekarang kita akan melihat efek penggunaan alat tersebut.

Apa yang dilakukan oven microwave untuk makanan?

Sebagai alat memasak makanan, microwave oven menghasilkan panas yang berasal dari gelombang elektronik untuk memasak suatu makanan. Ketika makanan dipanaskan dalam microwave, gelombang elektronik akan mengeluarkan air untuk membantu memanaskan makanan dalam rentang waktu yang singkat.

Radiasi microwave tidak hanya menghilangkan nutrisi pada makanan, tapi juga memberikan efek yang sangat merugikan dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan dari oven microwave dapat memberikan selera yang baik, tetapi tidak memiliki nilai gizi yang baik untuk tubuh.

Setiap makanan yang diolah dari hasil bantuan microwave oven dapat mempengaruhi makanan serta kesehatan bagi setiap orang yang mengkonsumsinya. Dampak negatif dari microwave oven pada kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Menyerang sistem kekebalan tubuh. Panas juga meningkatkan tingkat leukosit yang menyebabkan keracunan dan merusak sel, sehingga menyebabkan beberapa jenis penyakit, termasuk kanker.
  • Membunuh vitalitas makanan dan nutrisinya. Setelah membunuh gizi makanan, microwave memulai proses pembusukan makanan.
  • Menghalangi proses produksi hormon.
  • Gangguan secara bertahap sistem pencernaan. Ini juga menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap vitamin.

Radiasi microwave

Beberapa ahli mengatakan bahwa radiasi yang ada di microwave cukup rendah, sehingga risiko timbulnya gangguan pada kesehatan tidak terlalu tinggi. Tetapi menurut International Agency for Research on Cancer, gelombang radio frekuensi yang rendah tetap bisa menimbulkan risiko kanker.

Panas yang dihasilkan microwave mempercepat makanan panas atau matang. Panas yang dihasilkan dapat meningkatkan leukosit yang dapat menyebabkan keracunan, menyerang sistem kekebalan tubuh dan merusak sel, sehingga disinyalir dapat meningkatkan beberapa penyakit berbahaya seperti:

Kanker

Microwave juga bisa menyebabkan kanker karena kebocoran wadah plastik yang mengandung karsinogen saat dipanaskan dan mempengaruhi makanan. Akibatnya adalah risiko terserang kanker.

Havas juga mengingatkan pengaruh microwave terhadap kesehatan jantung dan perubahan tekanan darah. Menyantap makanan yang dipanaskan di microwave menyebabkan berkurangnya sel-sel darah merah, bertambahnya sel-sel darah putih, dan naiknya kadar kolesterol.

Salah satu cara untuk menghindari bahaya microwave adalah dengan meninggalkan alat tersebut ketika bekerja untuk menghindari radiasi. Padahal kebanyakan orang berdiri di dekat microwave saat proses memanaskan yang berlangsung sangat singkat.

Anemia

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Hans Swiss Hertel menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang diolah atau dipanaskan dalam microwave dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan penurunan jumlah hemoglobin. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan terkena anemia.

Ketidakseimbangan emosional

Sering mengonsumsi makanan yang dimasak menggunakan microwave bisa menyebabkan berkurangnya daya ingat, konsentrasi, kecerdasan, serta membuat emosi menjadi tak stabil.

Kelainan hormon

Microwave oven dapat memberikan efek buruk pada kesehatan lelaki dan perempuan. Mereka dapat menyebabkan masalah hormonal dan mwmperhambat produksi hormon dalam tubuh karena paparan radiasi microwave.

Cacat mata

Kesehatan mata lebih rentan terhadap efek dari microwave. Mata sangat mudah terpengaruh karena konsumsi makanan microwave. Dalam mengkonsumsi makanan dari hasil bantuan microwave dalam jangka panjang akan mengakibatkan Katarak.

Efek dari microwave makanan

  • Munculnya senyawa karsinogen pada makanan. Zat karsinogen merupakan zat berbahaya yang menjadi salah satu penyebab tumbuhnya sel kanker.
  • Sebanyak apapun nutrisi yang terkandung dalam suatu makanan, semua nutrisi tersebut akan hilang seketika jika kamu memanaskan atau memasaknya dengan microwave.
  • Memanaskan Susu dengan microwave justru akan merusak molekul-molekul nutrisi yang terkandung di dalamnya, bahkan dapat memunculkan bakteri-bakteri yang bisa membahayakan buah hati.
  • Jika sering mengkonsumsi makanan yang dipanaskan dengan microwave akan membuat detak jantung menjadi tidak beraturan. Radiasi gelombang dari microwave akan berdampak langsung pada tubuh, termasuk juga jantung.

Gays, itulah beberapa efek yang dapat mempengaruhi kesehatan dari penggunaan Microwave oven. Semoga apa yang kami sampaikan ini menjadi sumber bacaan yang sangat berguna serta bermanfaat bagi banyak pembacanya. Selamat membaca, selamat beraktifitas dan semoga saja dapat dijadikan sebuah inspirasi.