“Gula Demerara”, Yuk Kupas Semua Mengenainya

Dalam hidup kita sehari-hari, bagian yang dianggap penting pada setiap orang adalah makanan. Sangat banyak jenis makanan yang sering kita temui disekitar kita. Dalam membuat setiap makanan, tidak hanya bumbu yang ikut serta didalamnya, tetapi masih ada lagi dimana setiap jenis makanan sangat penting untuk mencampurkan gula kedalamnya.

Gula yang dicampurkan kedalam makanan agar makanan tersebut memiliki rasa. Jika berbicara mengenai gula, ada jenis gula yang mungkin terdengar asing bagi kita. Tetapi tidak ada salahnya untuk kita mengenalnya hingga jauh lebih dalam lagi.

Walaupun kita tau banyak jenis Gula, tetapi apa yang dimaksudkan diatas adalah gula Demerara. Lalu, apa gula Demerara itu? Yuk kita simak penjelasannya dibawah ini.

Gula Demerara adalah gula yang berwarna merah dengan butiran gula yang agak sedikit besar dari pada gula putih biasa. Dikatakan, tidak hanya dapat digunakan atau ditambahkan kedalam kopi saja, tetapi juga dapat dicampurkan ke berbagai jenis kue.

Perlu diingat bahwa semua gula yang berasal dari tebu mengandung sukrosa. Akan tetapi, gula dari hasil tebu ini dikatakan tidak memiliki sumber nutrisi.

Walaupun yang kita ketahui konsumsi gula dikatakan tidak dapat menyebabkan masalah kesehehatan, namun sangat penting untuk anda ketahui bahwa gula yang terdapat pada makanan atau cemilan yang ada gulanya disarankan untuk membatasinya. Tidak hanya dapat menimbulkan penyakit Diabetes, tetapi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Tidak hanya gula pasir, ini juga dapat terjadi seperti pada seperti sirup maple dan jenis produk gula lainnya.

A. Manfaat Gula Demerara untuk kecantikan

Dibalik sisi negatif dari gula, mengkonsumsi gula Demerara secara teratur dapat memberikan hal yang positif pada kulit Anda, seperti gula telah dikaitkan dengan jerawat dan usia kulit. Gula yang digunakan sebagai scrub eksternal, namun, memiliki efek jauh lebih positif.

Gula Demerara merupakan jenis gula dengan warna coklat yang mengandung banyak mineral jika dibandingkan dengan gula biasa atau gula putih. Oleh sebab itulah gula yang satu ini sangat baik untuk kulit. Berdasarkan kebaikannya untuk kulit, ini dia menfaat dari Gula Demerara untuk kulit yang patut untuk anda ketahui.

1. Menyehatkan kulit

Jika kita biasanya menggunakan garam untuk kulit, bersiaplah untuk mengeluarkan air mata. Karena garam tidak hanya teksturnya yang kasar, tetapi jika digunakan secara terus menerus akan menyebabkan kerusakan pada kulit. Itu diluar dari proses perendaman menggunakan garam yang dapat larut pada air panas.

Gula Demerara memiliki sifat Humektan yang dapat membantu memberikan banyak air kepada kulit sehingga kulit dapat mempertahankan kelembapannya. Menggunakan gula Damerara untuk kulit secara teratur akan menghilangkan kulit mati, membuat kulit bercahaya, indah dan lembut seperti kulit bayi.

2. Mengencangkan kulit

Seperti disebutkan di atas, gula memiliki sifat humektan, yang berarti bahwa ia menarik kelembaban dari lingkungan ke dalam kulit, membantu untuk menjaga kulit Anda dehidrasi. Hal ini membuat gula demerara menjadi pilihan yang baik untuk digunakan sebagai exfoliant atau membersihkan sel kulit mati di wajah dan akan menjaga kulit segar sehingga kulit terasa lentur dan sehat.

3. Membantu pertumbuhan sel kulit baru

Asam glikolat yang ada dalam gula demerara akan membuat kulit anda terasa awet muda. Asam hidroksi alpha atau AHA dapat membantu mempromosikan pertumbuhan kulit baru yang sehat halus dan lembut. Asam Glikolat pada gula yang satu ini sangat tidak cocok pada jenis kulit yang sensitif.

Gula Demerara merupakan bahan yang sangat populer dengan mencampurkannya kedalam kopi dan menjadikannya sebagai scrub maka akan menghasilkan menfaat yang sangat luar biasa. Gunakan secara teratur setiadaknya seminggu sekali agar kulit terlihat lebih lembut dan halus serta cerah berseri.

B. Kandungan dan asal produksi

Seperti yang telah dijelaskan sedikit diatas mengenai gula demerara dimana gula tersebut merupakan hasil dari olahan tebu. Sesuai dengan namanya, gula ini sangat terkenal di Inggris. Guayana yang terletak di Amerika selatan dikatakan sebagai tempat dimana gula ini diproduksi. Dikatakan, gula ini sangat tinggi akan kandungan molase sekitar 2 hingga 3%.

Gula ini juga banyak mengandung Sukrosa sekitar 93% yang membuat lambat naiknya tingkat gula darah dibadingkan dengan Glukosa. Bagi penderita diabetes, diperbolehkan mengkonsumsi sekitar 30 gram per hari.

Selain sangat tinggi akan kandungan Sukrosa, gula dememera juga banyak mengandung zat yang menguntungkan seperti nutrisi mineral, elemen dan vitamin. Secara umum, gula jenis ini digunakan untuk mempermanis minuman seperti kopi dan teh dengan rasanya yang sedikit seperti Karamel.

C. Manfaat lain selain untuk kecantikan

Gula Demerara sangat baik untuk Anda. Pertama manfaat yang sangat menguntungkan sistem tubuh Anda dan terbukti mengatasi diabetes, demensia dan penyakit lain.  Kedua, gula demerara berisi karbohidrat dan banyak serat daripada gula lain. Karbohidrat pada gula ini juga dapat menurunkan berat badan.

D. Efek samping dari gula secara umum

Setiap jenis makanan selalu memiliki pro dan kontranya, itu yang artinya tidak semua jenis makanan sangat aman untuk dikonsumsi. Seperti makanan yang mengandung gula. Jika mengkonsumsi gula dengan berlebihan, mungkin anda tidak atu apa yang terjadi.

  • Dapat meningkatkan lemak pada tubuh.
  • Meningkatkan tekanan darah dan asam lemak.
  • Mengurangi sistem kekebalan dan kekuatan, sehingga menyebabkan tubuh merasa cepat lelah.
  • Konsumsi gula berlebihan mempengaruhi kerja otak.
  • Konsumsi gula berlebihan membuat kita mengantuk dan juga mempengaruhi kemampuan untuk berkonsentrasi.
  • Mengurangi kelenturan otot dan sel.
  • Mempengaruhi penglihatan.
  • Menyebabkan penuaan dini.
  • Mengurangi vitamin ‘E’ dalam darah.
  • Ada kemungkinan mengembangkan kanker usus besar.
  • Kelebihan gula dapat menjadi salah satu penyebab kanker prostat.
  • Menyebabkan sakit perut selama menstruasi. Ada peningkatan dalam sindrom pra-menstruasi pada wanita.

E. Pengganti Gula demerara

Dengan rasanya yang manis dan hampir sama dengan gula tebu, gula kelapa organik adalah pemanis pengganti terbaik tanpa bahaya kesehatan apapun. Cocok untuk orang dengan diabetes, batu empedu, kanker dan penyakit jantung, gula kelapa Diperoleh dari Nucifera yang tumbuh di India Selatan, Asia Tenggara dan Isole Hawaii. Gula kelapa merupakan salah satu pemanis yang sehat yang sangat rendah akan glycemic Index, fruktosa dan menghasilakn berbagai vitamin dan mineral.

Guys, memang banyak jenis gula yang beredar diantara kita dan tentunya semuanya itu memiliki keuntungan dan kerugiannya. Mungkin gula yang seperti diatas, belum banyak yang mengetahuinya. Dengan apa yang telah disampaikan diatas mengenai gula demerara semoga dapat sangat bermanfaat dan berguna bagi banyak pembacanya. Selamat membaca.