Inilah Yang Harus Diketahui Mengenai Rambut Manusia

Bagi setiap orang, penampilaan merupakan hal yang penting terutama pada rambut. Rambut juga mengungkapkan sifat atau kepribadian seseorang. Selain dari itu, ada hal lain yang harus anda ketahui mengenai rambut, seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Rambut adalah salah-satu bagian dari tubuh manusia yang berada paling atas atau lebih tepatnya yang menutupi kepala. Rambut juga dapat disebutkan sebagai bagian yang tumbuh pada kulit kepala manusia yang dikatakan mengandung banyak keratin dan tumbuh pada lapisan epidermis atau juga disebut sebagai lapisan kulit terluar.

Jenis-Jenis Rambut Manusia

 

Sebagai mahkota setiap manusia, rambut juga memiliki banyak jenis yang wajib kita ketahui, dan berikut ini adalah beberapa jenis rambut manusia.

1. Rambut Ikal

Rambut ikal adalah salah-satu jenis rambut dimana kutikula rambut tersebut tersusun tidak rapi yang dikarenakan batang rambut kusam serta mengembang berantakan. Dengan keadaan seperti itu, untuk menjaga kesehatan rambut yang seperti ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan shampo serta kondisioner serta pelembab rambut.

Selain itu, setelah keramas, usahakan mengeringkan rambut dengan cara alami dan hindarkan menyisir rambut pada kondisi rambut yang kering dan disarankan untuk menguraikannya hanya menggunakan jari tangan.

2. Rambut keriting

Rambut keriting yang juga disebut sebagai rambut afro adalah rambut yang berkrakter kering dan kasar yang dapat membuat rambut tersebut mudah patah dan rusak. Pada rambut keriting yang mengalami masalah tersebut dan ingin membuatnya menjadi halus dan elastis, dapat menggunakan kondisioner sebelum keramas dan yang pelu diingat jangan menggunakan sisir bergigi rapat melainkan bergigi jarang. Ini bertujuan untuk merilekskan rambut.

3. Rambut lurus

Sesuai dengan namanya, rambut tersebut adalah rambut yang sehat karena sisik rambut pada kutikula tersusun dengan rapi sehingga rambut tampak halus dan berkilau. Agat rambut tersebut tetap sehat dan lurus, sebaiknya gunakan shampo serta kondisioner yang susuai dengan keadaan rambut. Untuk mempertahankan kekuatan kutikula rambut, disarankan untuk menggunakan serum rambut secukupnya.

4. Rambut kasar

Rambut kasar merupakan rambut yang biasanya dengan tekstur kering dan kusut yang dapat terlihat pada saat pencucian rambut atau keramas. Untuk mengatasi masalah tersebut, selalu menggunakan shampo dan kondisioner serta pelembab rambut. Agar lebih maksimal, penggunaan serum rambut juga disarankan terutama pada saat beraktivitas apalagi saat berada diluar ruangan. Selain itu, melakukan perawatan rutin untuk mengatasi masalah pada kutikula rambut.

Fungsi Utama Rambut Manusia

Seperti apa yang telah dijelaskan diatas, rambut juga memiliki berbagai macam fungsi utama yang akan disebutkan dibawah ini.

  • Fungsi utama pada rambut adalah sebagai pelindung tubuh manusia terutama bagian kepala. Sebagai pelindung, ada dua cara yang dilakukan oleh rambut seperti sebagai penghalang udara dingin dan udara panas pada kulit. Ini juga membantu menghangatkan tubuh.
  • Sebagai pelindung bagi kulit, rambut dapat menghindarkan kerusakan kulit akibat sinar matahari dan angin yang dapat mengakibatkan masalah kulit dari adanya debu yang menempel pada kulit.
  • Fungsi dari rambut juga dapat dianggap sebagai penyangga dari adanya gesekan. Apabila kulit kepala sering berkeringat, rambut juga dapat menyerap keringat dan menguapkannya hingga keringat tersebut tidak menempel pada kulit kepala yang dapat menyebabkan ketombe atau lain sebagainya.
  • Secara luas, rambut juga dapat berfungsi sebagai penambah keindahan terutama bagi seorang wanita. Begitu juga dengan kaum pria yang melawan kebotakan.

Tahapan Pertumbuhan Rambut Manusia

 

Proses pertumbuhan rambut terbagi menjadi 3 fase. Untuk memahaminya, berikut fase-fase yang ada pada pertumbuhan rambut manusia.

  • Fase Anagen

Ini adalah fase pertama pada pertumbuhan rambut manusia yang disebut sebagai fase anagen. Fase anagen yang dimaksudkan disini adalah dimana fase pada rambut yang akan tumbuh dengan cara aktif sehingga melakukan proses pembelahan dengan adanya pembentukan zat mineral pada saat berlangsungnya pertumbuhan rambut.

Dalam setiap pertumbuhan rambut terutama rambut baru, ini lebih dulu akan mengalami kebotakan pada saat rambut mencapai usia sekitar 4,5 tahun. Dari adanya proses tersebut, rambut yang lama akan mengalami kerontokan yang kemudian akan digantikan oleh rambut baru. Rambut baru yang akan tumbuh dan untuk mencapai rambut yang normal dikatakan memerlukan waktu hingga 6 bulan.

Berikutnya, rambut yang akan tumbuh akan tumbuh dari pori-pori kepala atau yang disebut sebagai folikel rambut. Folikel rambut yang dimaksudkan disini adalah struktur kulit yang dianggap sebagai tempat dimana rambut yang akan tumbuh. Dari adanya folikel rambut, rambut yang lama akan didorong keluar yang disebut sebagai proses alami kerontokan.

  • Fase katagen

Selanjutnya, pertumbuhan rambut juga akan melalui proses yang disebut dengan fase katagen. Fase katagen ini adalah rambut yang sudah tumbuh dan akan berhenti hingga akar rambut mengalami penyusutan. Pada fase tersebut, ini akan mengalami pemisahan rambut dari derma hingga terjadinya kematian sel rambut. Dalam fase ini, akan disusul oleh folikel rambut sebanyak sepertiga kali dari panjang sebelumnya. Waktu dari proses tersebut berkisar kurang lebih selama 2 sampai 3 minggu.

  • Fase telogen

Ini adalah fase yang terakhir dari pertumbuhan rambut dimana fase telogen dapat diartikan sebagai fase istirahat atau fase yang terakhir dari pertumbuhan rambut manusia dan dikatakan ada sebanyak 6 hingga 8% rambut berada pada fase yang satu ini. Ini adalah fase terakhir dimana rambut yang tumbuh akan berhenti total dan seterusnya mengalami kerontokan alami.

Setelah itu, ini akan kembali pada fase anagen atau akan kembali mengalami proses pertumbuhan rambut baru dan ini secara terus menurus terjadi. Sedikit dikatakan disini, rambut yang mengalami kebotakan disebabkan dari fase telogen yang lebih besar dibandingkan dengan fase anagen.

Lapisan- lapisan rambut Manusia

Layaknya untuk kita ketahui dari pertumbuhan rambut, rambut memiliki berbagai lapisan yang berbeda pada uraian berikut ini.

1. Kutikula

Kutikula dari lapisan rambut yang disebutkan disini adalah tempat pelindungnya komponen dalam rambut. Mengapa dianggap sebagai pelindung, ini dikarenakan kutikula dapat menghalangi masuknya benda asing, dengan begitu rambut terlihat kemilau sehingga mudah untuk disisir.

Apabila kutikula terkena dari adanya bahan kecantikan, maka secara otomatis ia akan terbuka dan tertutup. Kutikula memiliki bentuk seperti sisik ikan hingga 5-10 lapis. Apabila terkena gesekan yang tajam, ia mudah rapuh dan patah.

2. Korteks

Lapisan kedua dari rambut adalah korteks. Letak dari korteks dikatakan setelah kutikula. Pada pertumbuhan rambut, ini akan memberikan Kekuatan, elastisitas, kelenturan serta tektur berdasarkan komposisi korteks. Peran korteks dari warna rambut yang disebabkan adanya pigmen natural tersimpan didalamnya. Tidak hanya memiliki sei-sel tanduk, tetapi koteks juga sebagai penentu ketebalan, kehalusan, warna dan kekenyalan atau kelenturan batang rambut.

3. Medula

Ini adalah lapisan rambut yang paling dalam dengan kandungan keratin. Medula memiliki tugas sebagai pengantar sebum kepada batang rambut yang juga dapat mengendalikan penguapan batang rambut.

Bedanya Rambut Pria dan Wanita

Walaupun sama-sama disebut sebagai rambut, ternyata rambut pada wanita dan rambut pria memiliki perbedaan. Apa saja perbedaan tersebut? Baca saja yang ada di bawah ini.

Setiap rambut pasti berbeda apalagi jika dilihat pada seorang pria dan juga wanita. Yang paling mudah membedakan dari rambut pria dan juga wanita disini adalah produk rambut yang digunakan seperti shampo atau minyak rambut dan lain sebagainya.

Selain itu, rambut pria dan wanita juga dapat dibedakan dari kulit kepala. Kulit kepala pada wanita mempunyai kelembaban lebih rendah jika dibandingkan dengan lelaki. Itulah mengapa rambut wanita selalu mengalami berbagai macam masalah.

Jika dibandingkan dengan rambut wanita, rambut wanita lebih panjang daripada rambut pria. Dari rambut pria yang pendek, nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut akan sangat mudah masuk hingga ke ujung rambut. Lain hal dengan panjangnya rambut wanita yang juga membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk sampai keujungnya.

Walaupun sama-sama memiliki kelembababan pada rambut, tapi tingkat kerendahan dan ketinggian kelembaban juga dikatakan dapat mempengaruhi kulit kepala. Seperti yang telah dikatakan, rambut pria yang memiliki tingkat kelembaban lebih tinggi dikatakan akan lebih mudah memiliki masalah kulit kepala seperti ketombe. Dan tingkat kelembaban kulit kepala wanita yang lebih rendah sedikit lebih susah mendapatkan masalah ketombe.

Masalah rambut yang paling sering dihadapi

Setiap manusia pasti sering menghadapi berbagai masalah pada rambut. Secara umum, apa saja masalah rambut yang sering terjadi? Berikut ulasannya.

1. Ketombe

Ketombe adalah salah-satu masalah rambut dan kulit kepala yang paling sering dihadapi oleh setiap orang. Bagi kulit kepala, adanya ketombe dikatakan dapat mempengaruhi kesehatan kulit kepala serta dapat membuat rambut menjadi rapuh. Selain itu, ketombe yang ada pada kulit kepala akan menimbulkan iritasi karena efek gatal ketombe yang membuat rasa ingin menggaruk.

2. Rambut rontok

Sangat banyak sekali masalah rambut yang sering dihadapi pada setiap orang. Salah-satu masalah rambut yang paling umum adalah kerontokan rambut. Ini sama sekali berbeda dengan kerontokan secara alami bagi pertumbuhan rambut baru. Rambut rontok yang dimaksudkan disini adalah rambut rontok yang dikarenakan berbagai macam masalah seperti stres, makanan dan masih banyak lagi. Untuk mencegah masalah kerontokan rambut, seperti makanan yang bergizi serta makanan yang bervitamin A, B, C, dan E.

3. Rambut putih atau uban

Rambut uban yang secara umum dikatakan sebagai rambut pada orang yang sudah tua atau usia lanjut. Tapi, kita sangat sering melihat usia muda sudah ditumbuhi oleh rambut uban atau rambut putih. Uban muncul yang tidak semestinya ini dikatakan bisa saja berasal dari polusi lingkungan dan juga pemakaian alat kecantikan berbahan kimia.

4. Rambut kusam

Rambut yang tidak sehat dapat ditandai dengan rambut kusam. Kondisi rambut kusam dapat disebabkan karena sering langsung terpapar pada teriknya sinar matahari, kurangnya perawatan dan juga pemakaian produk rambu yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan kebutuhan rambut.

5. Rambut rapuh

Kekurangan vitamin tidak hanya dapat berevek pada tubuh tetapi juga dapat mempengaruhi rambut. Agar rambut anda tidak mengalami hal tersebut, ini dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah, sayuran, daging, susu dan juga tidak ketinggalan minum banyak air untuk mempertahankan kelembaban rambut baik dari dalam dan luar rambut.

6. Ujung rambut yang bercabang

Sangat banyak masalah rambut yang terjadi diantaranya adalah rambut bercabang. Ujung rambut yang bercabang dikatakan disebabkan dari pemakaian alat kecantikan yang dapat memberikan efek panas pada rambut seperti catokan atau pengering rambut. Selain itu, dapat juga zat kimia yang diterapkan pada rambut.

Tips Menjaga Kesehatan Rambut

Berdasarkan kerusakan rambut seperti yang ada diatas, dibawah ini ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar kesehatan rambut terjaga dengan baik.

  • Tips pertama yang disarankan adalah mengusahakan bagaimana agar rambut selalu terlindungi dari sinar matahari dan juga hujan. Berhadapan langsung dengan sinar matahari dapat mengakibatkan rambut rusak dan kulit kepala menjadi kering hingga kulit kepala menglami infeksi.
  • Pada saat keramas dan rambut dalam keadaan basah, sebaiknya jangan langsung menyisirnya karena batang dan akar rambut sangat mudah mengalami kerusakan. Lebih baik rambut disisir pada saat setengah kering dan saat penyisiran sebaiknya menggunakan sisir dengan jaarak yang renggang.
  • Pada saat ingin keramas, dianjurkan untuk menggunakan kondisioner agar rambut dapat mudah diatur.
  • Jika sedang melakukan perawatan, jangan menggunakan pengering rambut karena panas yang dihasilkannya akan menghilangkan kadar air dari rambut sehingga membuatnya kering.
  • Bagi anda yang sangat suka mengikat rambut, sebaiknya itu dilakukan pada saat diperlukan dan jangan terlalu ketat mengikatnya karena dapat merusak rambut.
  • Pada malam hari terutama hendak tidur, usahakan jangan mengikat rambut atau membebaskannya. Ini bertujuan agar rambut terhindar dari kusut pda saat bangun pagi.
  • Bagi anda yang tidur menggunakan bantal berbahan kapas, dianjurkan untuk mengantinya dengan menggunakan bantal berbahan satin selain bahannya yang lembut, juga mengurangi kerusakan rambut dari gesekan.
  • Setelah keramas, cara alami untuk mengeringkan rambut adalah menggunakan handuk dan kemudian menekan rambut karena dapat mengurangi kerontoklan rambut.
  • Apabila anda ingin melakukan perawatan pada rambut tanpa harus mengunjungi rumah kecantikan, bisa kok dilakukan dirumah dengan membuat masker rambut alami dengan bahan buah-buahan yang sesuai dengan kebutuhan rambut.
  • Setelah menggunkan masker alami, disarankan untuk membilasnya dengan menggunakan air normal atau air biasa dn hindari menggunakan air panas.

Dari sekian banyak penjelasan mengenai rambut yang ada di atas, semoga dapat menambah wawasan anda. Sampai disini saja perjumpaan kita untuk kali ini dan tunggu kahadiran kami selanjutnya.