Penjelasan Tentang Kuku Jari Lengkap Dengan Bagian Serta Variasi Bentuk

Masing-masing orang memiliki kuku yang berbeda-beda terutama pada setiap wanita yang selalu memperhatikan keindahan kukunya. Sewaktu sedang membahas mengenai kuku, tidak ada salahnya untuk kita mencari tahu penjelasan mengenai kuku seperti yang tertulis dibawah ini.

Kuku adalah bagian dari tubuh yang berada pada bagian ujung jari tangan serta kaki dimana ia dianggap sebagai pelindung jari dengan membantu memegang suatu benda.

Macam-Macam Bentuk Kuku

Dijaman sekarang ini, kuku sering sekali dijadikan dalam bentuk Fashion atau bagian dari kecantikan yang memiliki berbagai macam bentuk. Apa saja bentuk kuku yang akan disebutkan dibawah ini? Simak saja penjelasannya.

  1. Squoval. Ini adalah bentuk kuku yang pada bagian ujungnya dengan bentuk bulat. Kombinasi dari bentuk kuku yang oval ini dengan kesan elegan. Bentuk kuku ini juga dikatakan sangat populer dan sangat sering dipilih untuk dijadikan trend kecantikan.
  2. Oval. Ini adalah bentuk kuku yang secara umum dan sangat sering sekali ditemukan khususnya pada wanita. Apabila anda yang memiliki kuku yang panjang dan ingin membentuknya, pilihan yang terbaik adalah dengan membentuknya menjadi oval.
  3. Square. Ini adalah bentuk kuku yang dianggap classic French dimana pada samping kukunya yang lurus serta begian ujungnya dengan bentuk siku. Untuk permukaan kuku yang lebar, ini adalah bentuk kuku yang sangat cocok.
  4. Stiletto. Ini juga dianggap sebagai bentuk kuku dimana pada bagian tengahnya yang lancip.
  5. Rounded. Ini adalah jenis bentuk kuku yang serasi bagi pemilik kuku pendek. Untuk menginginkan bentuk kuku tersebut, bisa dimulai dengan memotongnya dalam bentuk kotak dan potong memutar yang sesuai dengan bentuk lekuk jari anda.
  6. Almond. Ini adalah kuku yang dikatakan ekstrem dimana bentuk kukunya yang runcing dengan tidak adanya bagian ujung kuku yang rata atau lengkung akan tetapi bagian sisinya menyatu pada bagian tengah kuku.
  7. Mountain Peek. Bentuk kuku yang satu ini dikatakan mirip dengan bentuk kuku stiletto, akan tetapi pada bagian ujung kukunya tumpul.
  8. Ballerina. Ini adalah jenis bentuk kuku dimana pada begian ujungnya yang datar dengan kesan glamor.
  9. Edge. Ini adalah bentuk kuku dimana pada bagian ujungnya yang berbentuk segitiga.
  10. Lipstick. Kuku yang satu ini dikatakan unik karena bentuknya yang diagonal.
  11. Flare. Flare adalah bentuk kuku dengan bagian ujungnya yang lebar dari pangkalnya.
  12. Arrow Head. Ini adalah bentuk kuku yang pada bagian ujungnya dikatakan sangat runcing sehingga terkesan panjang.

Fungsi utama kuku manusia

Walaupun terlihat sangat sepele, akan tetapi kuku memiliki berbagai macam fungsi seperti yang ada pada berikut ini.

  • Fungsi kuku yang utama dan pertama disini adalah sebagai pelindung ujung jari yang memiliki banyak urat saraf serta bagian sensitif yang ada pada bagian bawah kuku.
  • Dan fungsi kuku yang kedua adalah sensitif atau peka terhadap sentuhan. Ini dikarenakan pada bagian ujung jari terdiri dari banyak reseptor atau sebagai penghantar rangsang sentuhan sehingga memberikan efek perasa pada setiap benda yang disentuh.
  • Fungsi kuku yang berikutnya adalah sebagai penyeimbang apabila memegang suatu benda.
  • Pangkal kuku yang memiliki kulit ari dikatakan dapat melindungi dari adanya kotoran.
  • Fungsi dari kuku kaki adalah membantu proses pencengkraman suatu benda dengan memberikan tekanan.
  • Kuku juga dapat dijadikan oleh dokter sebagai tempatnya pemeriksaan kesehatan seperti pada kuku yang rusak, perubahan warna dan kuku yang berbau.

Struktur atau bagian kuku

Pada setiap kuku manusia dikatakan memiliki berbagai macam bagian yang akan disebutkan dibawah ini.

  • Matriks kuku. Ini adalah bagian kuku yang dianggap sebagai kemampuannya yang dapat membentuk jaringan kuku baru.
  • Dinding kuku (nail wall). Bagian kuku yang berikutnya adalah dinding kuku yang dianggap sebagai lipatan kulit atau bagian sebagai penutup pinggir dan bagian atas kuku.
  • Dasar kuku (nail bed). Inilah yang disebut-sebut sebagai bagian kulit kuku yang menutupi kuku.
  • Alur kuku (nail grove). Ini adalah bagian dinding dan dasar kuku.
  • Akar kuku (nail root). Inilah yang disebut-sebut sebagai proksimal kuku.
  • Lunula. Ini adalah bagian kuku dengan warnanya yang putih atau bagian dari lempeng kuku yang berada dengan akar kuku dimana bentuknya seperti bulan sabit.
  • Eponikium (kutikula). Ini juga dianggap sebagai dinding kuku dimana kulit arinya yang menutupi permukaan lempeng kuku.
  • Hiponikium. Inilah yang disebut sebagai dasar kuku atau kulit ari yang ada pada bagian bawah kuku.
  • Lempeng kuku (nail plate). Ini adalah bagian kuku yang dikelelilingi oleh dinding kuku pada bagian tengahnya.

Ada beberapa lapisan horizontal yang dimiliki oleh lempeng kuku seperti:

  1. Lapisan dorsal tipis. Ini adalah lapisan yang terbentuk pada bagian proksimal.
  2. Lapisan intermediate. Ini adalah lapisan yang terbentuk dari bagian distal dimana lapisan ini dikatakan lebih tebal dibandingkan dengan lapisan dorsal.
  3. Lapisan ventral. Lapisan ini adalah lapisan yang terbentuk dari lapisan tanduk dari dasar kuku dan hiponikium yang memiliki keratin lunak.

Benarkah Pertumbuhan Kuku Tangan Lebih Cepat Dari Kuku Kaki?

Mungkin setiap orang berpikir bahwa kuku tangan dan kuku kaki tumbuh pada waktu yang sama. Tetapi disini menyebutkan pertumbuhan kedua kuku tersebut dimana pertumbuhan kuku tangan dikatakan lebih cepat daripada kuku kaki. Supaya kita semua tidak bingung dan ingin mengetahui yang sebenarnya, baca saja selanjutnya seperti yang dijelaskan dibawah ini.

Dari pertumbuhan kuku kaki dan tangan, ini yang diungkapkan oleh Ahli dermatologi dimana pertumbuhan kuku kaki lebih lambat dibandingkan dengan kuku tangan. American Academy of Dermatology juga menyatakan pertumbuhan kuku tangan perhari dapat mencapai 0,1 mm. Dr. D’Anne Kleinsmith, seorang dermatologis di West Bloomfield, Michigan juga menyebutkan yang menyebabkan pertumbuhan kuku tangan lebih cepat disebabkan oleh sirkulasi kuku tangan yang lebih baik daripada kuku kaki.

Selain itu, ada juga penyebab lain yang mempengaruhi pertumbuhan kuku tangan dan kaki seperti pengaruh hormon, usia dan juga iklim. Disini juga menyebutkan kuku tangan lebih cepat tumbuh bagi orang muda.

Dari bagian matrikslah kuku tangan dikatakan tumbuh yang dibentuk oleh keratin atau protein keras yang ada pada kulit dan rambut. Sebagian sel akan tumbuh pada matriks dimana sel lama akan secara paksa dikeluarkan. Inilah sebabanya mengapa pertumbuhan kuku tangan lebih cepat daripada kuku kaki.

Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Kuku

Pada setiap pertumbuhan kuku manusia dikatakan tidak akan terhindar dari beberapa masalah yang dianggap biasa terjadi pada kuku. Apakah masalah kuku yang sudah biasa tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Kuku menguning

Kuku yang berwarna kuning biasanya sangat sering dialami bvagi mereka yang sangat suka sekali memakai warna atau cat kuku. Warna kuning pada kuku akan semakin parah apabila cat pada kuku tidak terhapus sekitar waktu 10 hari. Selain itu, bakteri sebagai penyebab utamanya, juga karena cara pengguntingan kuku yang kurang tepat sehingga kotoran mudah masuk.

2. Kuku mudah patah

Kuku yang mudah patah dikatakan dapat terjadi pada setiap kondisi kuku baik tipis dan tebal. Kuku yang tipis biasanya sangat mudah sekali mengelupas dan kuku yang tebal sering sekali mengalami patah pada bagian ujungnya.

3. Kutikula keras

Kutikula tidak dapat terhindar pada kuku dimana kutikula terjadi pada kuku biasanya terdapat pada pinggiran kuku. Kutikula yang tumbuh pada kuku dikatakan disebabkan oleh kurangnya minum air putih serta sabun deterjen saat mencuci.

4. Kuku dehidrasi

Apabila kuku memiliki tanda-tanda dengan garis vertikal dengan jumlah yang banyak pada permukaan kuku adalah kuku yang sedang mengalami yang namanya dehidrasi atau kurangnya perawatan. Ini bisa saja diakibatkan dari memotong kuku terlalu pendek serta minimnya air dan minyak dikuku.

5. Kuku tumbuh ke dalam (ingrown nail)

Kuku dengan bentuknya yang lengkung dikatakan bisa saja mengakibatkan pertumbuhan kuku mengarah kedalam. Menggunting kuku yang salah adalah akibat tumbuhnya kuku yang dapat memberi efek sakit akibat kuku yang menusuk ke daging. Bagi kuku yang tumbuh dengan bentuk melengkung ada cara khusus untuk mengguntingnya dan disarkan jangan dilakukan sendiri, sebaiknya serahkan kepada ahlinya.

6. Kuku tumbuh lambat

Ternyata kuku juga bisa tumbuh dengan lambat yang memungkinkan kebiasaan seseorang menggigit kuku hingga menjadi lembek dan inilah yang menyebabkan pertumbuhan kuku lambat. Untuk mengatasinya, hindarkan kebiasaan anda menggigit kuku.

7. Leuconychia

Ini adalah masalah kuku dengan tanda yang munculnya bintik putih dibagian atas kuku. Masalah kuku tersebut dikatakan berasal dari udara yang masuk kedalam zat tanduk dan bisa juga dasar kuku yang luka.

8. Onycholysis

Ini juga termasuk masalah kuku dimana kuku yang dapat terlepas dari jarinya. Yang paling sering mengalami masalah ini adalah kuku jari manis. Ini dikarenakan virus atau jamur yang masuk dan akhirnya memnpengaruhi jaringan yang ada diantara kuku dengan jari.

9. Onychomadesis

Masalah kuku yang berikutnya adalah Onychomadesis atau masalah yang bisa menaggalkan kuku secara perlahan dari sisi bagian atas yang dikarenakan infeksi dari adanya Virus atau jamur.

Cara Merawat Kuku Secara Alami

Kuku dikatakan tidak akan luput dari beberapa masalah. Untuk mencegah dari adanya masalah kuku tersebut, ada beberapa cara alami yang dapat dilakukan untuk merawat kuku seperti yang diuraikan dibawah ini.

  • Potong Kuku Secara Teratur

Yang paling mudah merawat kuku adalah dengan teratur memotong kuku. Tanpa harus pergi ke salon, ini dapat dilakukan sendiri dengan menggunakan pemotong kuku yang tajam. Dengan memotong kuku disarankan dipotong tidak terlalu pendek karena bisa memberikan sensasi perih.

  • Menggunakan bawang putih

Tidak hanya dianggap sebagai bumbu setiap masakan, akan tetapi bawang putih juga dapat digunakan dalam bentuk perawatan terhadap kesehatan kuku. Ini dapat dilakukan dengan cara menggosokkan bawang putih agar kuku terlihat mengkilap dan bercahaya.

  • Menggunakan belimbing wuluh

Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi belimbing wuluh juga dikatakan bisa merawat kesehatan dan kebersihan kuku. Cara melakukannnya hampir sama dengan menggunakan bawang putih yaitu dengan menggosokkannya pada ujung kuku.

  • Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya sangat terkenal sebagai tumbuhan yang sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan rambut. Dibalik itu, tumbuhan yang satu ini juga diakui dapat memelihara kuku. Bagi anda yang ingin melakukannya, dapat dilakukan dengan cara menggosokkan ujung kuku pada begian permukaan lidah buaya.

  • Menggunakan Kulit Semangka

Buah yang paling banyak mengandung air adalah semangka. Siapa sih yang tidak tau mengenai khasiatnya untuk kesehatan dari buah dengan daging yang berwarna merah tersebut? Selain buahnya yang baik untuk kesehatan tubuh, kulit putih semangka juga dikatakan sangat berpengaruh besar dalam memutihkan kuku. Sangat mudah untuk melakukannya, hanya menggosokkan bagian ujung kuku pada permukaan kulit semangka.

  • Menggunakan jeruk lemon

Jeruk lemon dikatakan sangat kaya akan kandungan Vitamin C nya. Selain baik untuk kesehatan dan bagi mereka yang sedang melakukan program diet, ternyata lemon juga dapat membuang racun yang ada dalam tubuh serta berperan penting dalam urusan mengkilatkan kuku. Dapat dilakukan dengan menggosokkan kuku pada lemon.

  • Menggunakan madu, telur dan minyak zaitaun

Kuku juga dapat dirawat dengan madu, telur dan minyak zaitun. Ketiga bahan alami tersebut dicampurkan dalamn satu tempat hingga semuanya merata setelah itu dengan mengoleskannya pada bagian permukaan kuku dan sebaiknya ditunggu hingga 5 menit.

Setelah menggunakan beberapa bahan alami seperti yang ada diatas, ada juga cara lain untuk merawat kuku anda. Dan ini tidak profesional rasanya apabila tidak disebutkan seperti:

  • Banyak minum air putih

Biasanya air putih disebut-sebut sebagai minuman yang dapat menjaga metabolisme tubuh. Dibalik itu, minum air putih yang cukup juga dapat membersihkan dan mengkilapkan kuku.

  • Mengonsumsi Vitamin

Selain sangat baik bagi tubuh, Vitamin juga dapat menjaga kesehatan kuku. Vitamin kuku yang dianggap sangat baik adalah Biotin. Biotin juga disebut sebagai Vitamin B kompleks yang menurut penelitian dapat menebalkan lapisan kuku sehingga kuku kuat dan tidak mudah patah.

Melihat Kondisi Kesehatan Dari Warna Kuku

Cara mengetahui kondisi kesehatan seseorang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu caranya adalah dengan melihat warna kuku seseorang, nah seperti apakah tanda-tanda kuku yang tidak sehat?

  • Kuku berwarna putih

Pada kuku seseorang yang berwarna putih dikatakan kondisi kesehatannya sedang terganggu seperti gangguan ginjal, hati atau anemia. Kuku yang dianggap kekurangan protein dapat ditandai dengan adanya garis putih berjajar.

  • Bintik-bintik putih pada kuku

Banyak orang yang mengatakan bintik putih yang ada pada kuku tandanya bahwa anda disukai seseorang. Walaupun ini belum jelas adanya, tetapi yang paling jelas disini adalah bintik putih pada kuku menunjukkan masalah kesehatan seperti arthritis atau tanda dari keracunan.

  • Kuku berwarna abu-abu

Adanya masalah kesehatan bagi seseorang dapat dilihat dari kukunya yang berwarna abu-abu yang artinya seorang tersebut sedang mengalami arthritis, edema, kekurangan gizi, efek pasca operasi, glaukoma, masalah paru-paru, emfisema atau penyakit kardio paru.

  • Kuku berwarna hitam

Bagi anda yang sedang mengalami anemia atau kekurangan darah tidak hanya dapat dilihat pada warna mata yang pucat, tubuh lemas atau lain sebagainya. Tetapi ini juga dapat dilihat pada kuku dengan warna yang hitam. Selain mengalami anemia, warna kuku tersebut juga sebagai tanda bahwa anda sedang kekurangan Vitamin B12, infeksi bakteri, penyakit ginjal kronis, masalah kelenjar adrenal, penyakit hati, kanker atau melanoma.

  • Kuku kuning

Warna kuku kuning yang terjadi secara alami dapat disebutkan dimana seseorang tersebut sedang mengalami masalah kesehatan seperti pada sistem limfatik, gangguan pernapasan, diabetes dan hati.

  • Kuku berwarna merah

Ini adalah warna kuku yang menunjukkan masalah kesehatan seperti perdarahan otak, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, penyakit paru-paru, stroke, hingga keracunan karbon monoksida.

  • Kuku bergaris hitam

Ini adalah tanda dari kuku dengan kondisi kesehatan anda yang berhubungan dengan penyakit ginjal.

  • Kuku bergaris merah atau coklat

Ini tidak hanya adanya pendarahan yang terjadi pada bagian bawah kuku, ini juga bisa disebut sebagai radang selaput jantung.

  • Bintik-bintik cokelat di bawah kuku

Dari kondisi warna kuku tersebut dapat dikatahui bahwa sedang mengalami gangguan kulit serta sendi.

Kuku disebutkan sebagai bagian dari tubuh yang berada pada bagian ujung jari tangan serta kaki dimana ia dianggap sebagai pelindung jari dengan membantu memegang suatu benda. Dari adanya penjelasan mengenai kuku diatas mudah-mudahan wawasan anda semakin bertambah. Sampai disini saja artikel ini kami berikan, selamat membaca dan sampai jumpa.