Ini Dia Kandungan Dan Warna Dari Menstruasi

Wanita dan pria dikatakan sangat jelas berbeda. Salah-satu yang dapat dibedakan antara keduanya dimana seorang perempuan wajib mengalami yang namanya Mens. Dan itu tidak terjadi pada pria. Apabila sedang membahas menstruasi, khusus untuk wanita sangat banyak sekali yang dapat dipelajari. Apa sajakah itu, ikuti saja selengkapnya disini.

Menstruasi yang dimaksudkan disini adalah suatu keadaan yang terjadi secara alami khususnya pada wanita. Bagi setiap perempuan pasti mengalami masalah tersebut. Pada setiap wanita yang mengalami menstruasi, ini bisa saja datang dalam waktu yang tidak sama, bisa saja datang dalam waktu tepat dan ada juga yang datangnya terlambat.

Kapan Wanita Mengalami Menstruasi Pertama?

Seperti apa yang diketahui bahwa setiap wanita akan mengalami yang namanya mentruasi. Walaupun waktu datangnya menstruasi untuk pertama kalinya terkadang dengan tidak tepat, tetapi secara umum ini tergantung dari kematangan sel telur wanita. Seperti apa yang diungkapkan oleh Womenshealth dimana seorang putri dikatakan akan mengalami menstruasi untuk pertama kalinya pada saat ia berusia 12 tahun.

Dengan pernyataan tersebut, ini bukan berarti setiap perempuan yang akan mengalami menstruasi apalagi untuk pertama kalinya dikatakan datang pada usia yang sama. Tidak hanya pada usia 12 tahun, waktu menstruasi yang pertama juga dapat datang pada saat usia 8 hingga 15 tahun. Dikatakan lagi, wanita yang mengalami menstruasi yang pertama secara umum pada saat buah dada atau payudaranya akan mulai tumbuh.

Pada seorang wanita yang menstruasi, secara umum mereka akan mengalami perkembangan lapisan rahim serta sel telur yang berada pada indung telur akan mulai matang. Dari waktu mentruasi, sekitar hari ke-14 sel telur akan meninggalkan ovarium menuju tabung tuba pada rahim. Apabila sel telur tidak dibuahi, maka akan hancur serta menurunnya kadar hormon dan lapisan rahim akan menebal.

Secara rutin, perempuan akan mengalami menstruasi setiap bulannya hingga pada waktunya wanita tersebut akan mengalami yang namanya menopause. Sedikit dibahas disini seorang wanita yang mengalami menopause dikatakan antara usia 45 hingga 55 tahun.

Pada seorang wanita yang tidak mengalami menstruasi pada usia 2-3 tahun atau hingga 15 tahun walaupun payudaranya sudah tumbuh lebih baik periksakan diri atau memberitahukannya kepada dokter.

Kandungan darah menstruasi

Bagi anda khususnya wanita, tahukah anda apa saja yang terkandung dalam setiap tetesan atau darah menstruasi? Dan ini sangat banyak sekali orang yang mengatakannya sebagai darah kotor. Untuk lebih jelasnya, simak saja yang ada dibawah ini.

Darah menstruasi bukanlah darah yang biasa, melainkan darah yang dikeluarkan oleh seorang wanita yang tandanya ia telah menjadi wanita yang dewasa. Walaupun dikatakan sebagai darah menstruasi, tetapi ini juga terdiri dari jaringan dalam rahim serta unsur dalam saluran vagina.

Wanita yang mengalami menstruasi, dikatakan selalu berbeda berdasarkan kekentalan darahnya. Kentalnya darah pada setiap menstruasi adalah pengaruh dari ketebalan selaput dinding rahim. Apabila darah menstruasi semakin kental, ini dipengaruhi oleh semakin tebalnya selaput dalam dinding rahim.

Tidak hanya itu saja, ada juga jenis lain yang terkandung pada menstruasi wanita yang secara umum adalah cairan elektrolit seperti sodium dan potasium. Darah pada setiap menstruasi dikatakan lebih banyak mengandung air serta zat besi dan hemoglobin. Setiap unsur yang ada pada menstruasi dikatakan memiliki kadar yang rendah.

Darah menstruasi juga dikatakan tidak mengandung apa yang tidak dibutuhkan terhadap proses pembekuan darah sehingga darah menstruasi dikatakan baik didalam maupun diluar tubuh. Ini dapat diartikan bahwa darah menstruasi adalah darah biasa dan bukanlah darah kotor seperti apa yang pernah dikatakan banyak orang.

Manfaat Menstruasi Bagi Kesehatan Wanita

Pengeluaran darah menstruasi juga dikatakan memiliki manfaat bagi kesehatan wanita seperti apa yang dijelaskan dibawah ini.

  • Membersihkan tubuh. Bagi setiap wanita yang mengalami menstruasi dengan normal setiap bulannya dikatakan dapat membersihkan tubuh dari adanya bekteri atau organisme lain. Pada saat mens, ada banyak sekali bakteri yang dikeluarkan bersamaan dengan darah. Lebih dari itu, mens juga mengeluarkan zat besi sehingga terhindar dari penyakit stroke,¬†jantung dan Alzheimer.
  • Menstabilkan kondisi tubuh. Mens adalah tanda dari hormon dalam menyeimbangkan tubuh.
  • Menjaga berat badan ideal. Selanjutnya, menstruasi juga bermanfaat dalam menjaga berat badan agar selalu ideal. Wanita akan terhindar dari kelebihan berat badan dari adanya penumpukan lemak dalam tubuh apabila menstruasi datang dengan teratur tiap bulannya. Ini juga dapat menghindarkan kekurangan berat badan atau kurus kerena dapat menjaga bentuk tubuh seorang wanita.
  • Mempengaruhi penampilan. Pada saat mens, ini akan mempengaruhi hormonal sehingga memberikan dampak positif. Saat setelah mens, ini akan menghindarkan keluhan umum seperti adanya jerawat akan hilang sehingga penampilan akan berubah. Ini juga secara perlahan akan menghilangkan gejala mens lainnya sehingga nyaman setelah mens.
  • Membuat kondisi tubuh lebih sehat. Mens dikatakan dapat membantu kondisi tubuh lebih sehat dengan menyeimbangkan kadar zat besi sehingga tubuh tetap berstamina.

Mengenal Warna Darah Menstruasi

Selayaknya untuk anda ketahui, khususnya wanita, ternyata mens juga memiliki berbagai macam warna seperti yang ada pada berikut ini.

  • Warna cokelat atau merah tua

Pada seorang wanita yang sedang mens, terutama pada tahap awal hingga akhir, biasanya akan mengeluarkan warna mens cokelat atau merah tua. Tanda atau arti dari warna tersebut adalah normal.

Pada saat awal dan akhir mens, darah tidak mengalir deras yang dikarenakan membutuhkan waktu lebih lama untuk keluar dari Uterus. Inilah yang menyebabkan warna coklat atau merah tua pada mens.

  • Warna merah terang

Wanita yang sedang mens apalagi pada hari kedua dan ketiga biasanya mengeluarkan warna darah merah terang. Ini dikarenakan sel telur tidak berbuah dengan cepat.

  • Warna merah muda atau pink

Mens dengan warna merah muda biasanya ditandai dengan bentuk bercak darah. Berdasarkan pakar keperawatan NY, AS, Margaret Romero, warna mens tersebut dikarenakan kekurangan kadar hormon estrogen. Ini juga dapat disebabkan darah yang sangat sedikit serta mens yang tidak teratur. Selayaknya untuk diketahui, kurangnya estrogen dapat menimbulkan kekeringan vagina sehingga gairah seks menurun.

  • Warna merah keabuan

Jika warna mens yang dikeluarkan abau-abu, dianjurkan berkonsultasi dengan dokter. Ini bisa saja sebagai tanda infeksi atau keguguran.

Kelainan Menstruasi Umum Pada Wanita

Pada wanita yang sedang mengalami mens, bisa saja mendapatkan kelainan yang biasa terjadi secara umum seperti:

  • Dysmenorrhea

Ini adalah kelainan yang disebutkan sebagai kelainan mens yang datang dengan rasa sakit yang tidak karuan atau sakit teramaat sangat yang terjadi pada punggung bawah serta kram pada tulang panggul. Ini sangat berkaitan dengan naiknya kadar kimia alami pada tubuh serta adanya kelainan reproduksi sehingga timbulnya rasa sakit saat mens.

  • Menorrhagia

Ini juga merupakan kelainan yang sangat umum terjadi dimana kondisi tersebut ditandai dengan mens dengan jumlah darah yang sangat banyak yang dikarenakan tidak seimbangnya hormon atau kelainan pada rahim.

Apabila ini terjadi lebih dari 7 hari dengan jumlah darah yang sangat banyak, ini bisa disebutkan sebagai menorrhagia. Jika wanita mengalami hal seperti ini, bisa saja mengalami anemia atau kekurangan darah.

  • Oligomenorrhea

Ini adalah kelainan mens yang dianggap masih normal pada awal pertama dan saat akan memasuki masa menopause. Ada beberapa faktor yang dapat dialami pada masa mens tidak teratur seperti hormon yang tidak seimbang, stres yang berlebihan serta berat badan turun, obesitas dan kista.

  • Amenorrhea

Pada wanita yang selama 3 bulan tidak mengalami mens, bisa saja dikatakan sedang hamil. Lain dari itu, dapat dianggap sebagai gejala perimenopause atau akan memasuki masa menopause.

Ini juga bisa berasal dari stres, berat badan yang turun atau mengikuti latihan yang berat. Mens yang berhubungan dengan pengeluaran darah disarankan konsumsi air putih sebanyak mungkin serta makanan dengan kandungan zat besi dengan tujuan untuk menghindarkan resiko anemia.

Tanda mens tidak normal

Jika wanita mens memberikan tanda yang tidak normal, ini dapat dilihat seperti yang dituliskan dibawah ini.

  • Hitung siklus mens

Layaknya untuk anda ketahui, setiap perempuan dengan mens yang normal adalah 21 hingga 35 hari. Apabila mengalami mens lebih dari 31 hingga 35 hari, bisa saja darah yang keluar tersebut bukanlah darah mens.

  • Berapa lama siklus menstruasi

Setiap wanita yang mengalami mens, ini biasanya dapat terjadi selama 7 hari. Apabila terjadi lebih dari 7 hari, anda perlu mewaspadainya karena bisa saja anda mengalami masalah mennorhagia atau suatu kelainan dengan jumlah darah mens yang sangat banyak tidak seperti biasanya.

  • Nyeri berlebihan

Mens bisa saja mendatangkan nyeri pada perut yang berlebihan. Ini adalah hal yang normal apabila rasa nyeri saat atau sebelum mens. Namun terkadang nyeri mens bisa datang dengan rasa sakit yang teramat sangat hingga rasanya ingin pingsan dan itu disebut hal yang tidak normal. Mens yang tidak normal ini bisa dikatakan sebagai kelainan dysmenorrhea.

  • Gumpalan darah

Darah mens yang keluar dengan bentuk seperti gumpalan dianggap sebagai mens yang normal. Jika gumpalan darah tersebut dikatakan sangat banyak, bisa saja mengalami kelainan menorrhagia.

  • Tidak mens lebih dari tiga bulan

Jika mens datang dengan waktu yang tidak beraturan atau tidak mens selama 3 bulan, bisa saja anda sedang hamil dan bisa juga sedang mengarah pada perimenopause atau menopause. Apabila usia anda masih memungkinkan anda untuk mens dan mens juga tidak kunjung datang maka segeralah berkosultasi dengan dokter.

Tanda mens yang normal

Wanita dengan mens yang normal juga dapat dilihat seperti yang berikut ini.

  • Siklus Bulanan

Mens pada setiap wanita tidak semuanya datang dalam waktu yang sama tetapi juga dapat berbeda. Mens yang normal dikatakan antara 21 hingga 35 hari.

  • Jumlah darah mens

Pembalut wanita dikatakan memiliki daya tampung yang berbeda. Ada yang berukuran kecil 6 cc, ukuran besar 15-16 cc dan ukuran reguler berukuran 9 cc. Apabila mens menggunakan pembalut dari 3 hingga 7 buah dalam sehari, itu dikatakan masih normal.

  • Durasi menstruasi

Pada masa haid, waktu mens yang dianggap normal dapat terhitung dari 3 sampai 7 hari.

  • Pre menstrual syndrome

Hampir di setiap bulannya, setiap wanita yang mengalami Pre menstrual syndrome masih dikatakan normal. Apabila mens dengan kondisi yang tidak mood dan mudah marah merupakan pengaruh dari hormon. Apabila seorang wanita mengalami suatu perubahan seperti emosi, berjerawat, nyeri pada peyudara, nafsu makan meningkat juga dianggap sesuatu yang normal.

  • Rasa nyeri saat mens

Rasa nyeri yang disebabkan dari mens adalah suatu tanda yang dikatakan normal. Rasa nyeri tersebut diakibatkan dari luka yang terjadi pada endometrium atau lapisan terdalam rahim. Ini dikatakan normal jika usia mens pada 1-2 hari.

Berdasarkan apa yang telah dibahas mengenai menstruasi, mudah-mudahan dapat memberikan wawasan yang berguna. Sampai disini dulu pembahasan kita untuk kali ini, selamat membaca dan sampai berjumpa kembali dihari berikutnya.