Apa Sajakah Planet Itu? Ini Penjelasannya

Selain Bumi, masih banyak lagi jenis Planet lainnya yang letaknya berada diluar dari Bumi atau yang biasa disebut sebagai luar angkasa. Sangat penting untuk anda ketahui, bahwa ada 9 Planet yang 8 diantaranya berada diluar angkasa dan yang satunya lagi disebut dengan bumi dimana sebagai tempat huninya banyak Mahkluk hidup saat ini.

Maksudnya disini adalah disini kita akan menjelaskan nama Planet sesuai dengan urutannya serta penjelasan lengkap. Sebelum kita menjelaskannya, apakah anda tau apa yang dimaksudkan dengan Planet? Nah, disini kami akan mejelaskannya lebih dulu.

Planet adalah benda langit yang mengorbit atau mengelilingi suatu bintang dengan lintasan dan kecepatan tertentu. Planet merupakan bagian dari anggota tata surya dengan ciri-ciri tertentu.

Setelah kita tau apa yang dimaksudkan dengan Planet, kemudian masuklah kita dengan pembahasan mengenai nama Planet lengkap dengan penjelasannya. Ingin tau, yuk simak saja penjelasannya yang ada dibawah ini. Ini dia beberapa Planet yang kita maksudkan: Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan yang terakhir adalah Pluto. Ini dia penjelasan lengkap dengan Planet tersebut.

1. Merkurius

Merkurius adalah sebuah Planet yang dikatakan sebagai Plenet yang sangat dekat dengan Matahari. Ini juga merupakan Planet kedua yang terkecil. Sehubungan letaknya yang sangat dekat dengan Matahari, planet ini juga dianggap sebagai Planet yang sangat terang setelah Matahari.

Untuk melihat Planet yang satu ini, jika dilihat dengan mata telanjang, tidak mudah untuk dilakukan dan sebaiknya mengunakan teropong bintang. Planet yang satu ini juga sering disebut sebagai Bintang senja dan bintang pagi.

Untuk mengetahui jaraknya dari Matahari, dikatakan jarak Merkurius dengan Matahari tercatat sekitar 58 juta km. Kala rotasi merkurius 59 hari dan kala revolusinya 88 hari. Olanet iuni juga dikenal sebagai Planet yang tidak memiliki satupun satelit.

2. Venus

Planet Venus merupakan salah satu Bintang yang letaknya diantara Merkurius dan juga Bumi. Ini dianggap sebagai Planet putih dimana Planet tersebut memiliki cahaya terang.Venus juga memiliki nama lain yang diantaranya adalah Bintang fajar, bintang timur dan bintang kejora. Dikatakan, venus dan matahari bgerjarak sekitar 108,2 juta km. Dan rotasinya adalah 243 hari dan kala revolusinya 224,7 hari.

3. Bumi

Bumi adalah suatu planet urutan ke tiga dari matahari dan planet terbesar kelima dari semua planet yang ada di tata surya. Bumi juga dapat diartikan sebagai planet yang menjadi tempat tinggal bagi semua makhluk yang hidup di dalamnya. Bumi juga memiliki susunan gas yang terdiri dari nitrogen 78 persen, oksigen 21 persen dan sisanya dari gas-gas lain.

Revolusi yaitu berputarnya bumi mengelilingi matahari yang membutuhkan waktu sekitar 365,25 hari. Dan rotasi yakni berputarnya bumi pada sumbu porosnya yang memelukan waktu sekitar 24 jam. Jarak bumi dan matahari yakni 149,6 juta kilometer. Bumi memiliki stelit yang disebut dengan Bulan

4. Mars

Yang biasa disebut sebagai Planet merah adalah Planet mars. Ini dikarenakan warna dari Planet tersebut berwarna merah. Dikatakan, planet mars memiliki permukaan dimana terdapat kawah yang berukuran mencapai 200 km. Suhu dari Planet yang satu ini mencapai 50-60 derajat celcius dan pada malam hari suhu dari Planet tersebut akan mencapai 100 di bawah nol.

Rotasi dari mars berkisar 24,6 jam dan revolusinya berkisar 687 hari. Planet Mars dengan Matahari lebih jauh dibandingkan dengan jarak Bumi dengan Matahari sekitar 247,1 juta km. Planet ini juga memiliki satelit yang disebut dengan Phobos serta Deimos.

5. Yupiter

Berdasarkan kepercayaan Romawi kuno, planet Yupiter dianggap sebagai Raja langit. Ini dikarenakan Yupiter sangat terkensl sebagai Palnet yangf paling besar. Ukuran dari Palnet ini adalah 142.984 km. Jaraknya dari matahari sekitar 778 juta km. Revolusi dari Planet yang satu ini sekitar 11,9 tahun dan rotasinya 9 jam 55 menit.

Yupiter juga dikenal sebagai Planet dimana atmosfernya terdiri dari hidrogen dan helium. Ketebalan atmosfer dari Planet ini mencpai sekitar 1000 Km bahkan dianggap tak terbatas atmosfer dan permukaan planetnya. Walaupun Planet ini memiliki 16 satelit, tetapi ada beberapa yang terkenal diantaranya adalah Lo, europa, ganymeda dan callisto. Dikatakan lagi, planet ini juga memiliki jutaan satelit kecil yang membentuk seperti cincin tipis.

6. Saturnus

 

Planet ini dikenal sebagai Planet yang terbesar kedua setelah Yupiter. Ini merupakan salah satu Planet yang cukup indak untuk dipandang. Ini disebabkan kerena ada sebuah yang berbentuk cincin yang melingkarinya dimana lingkaran tersebut terdiri dari bongkahan es. Ukuran dari Palnet ini 120.536 Km dan jarak dari Matahari sekitar 1.426 juta km. Revolusinya 29,5 tahun dan rotasi 10,7 jam. Planet ini memiliki sebanyak 18 satelit dan yang terbesar dari 18 satelit tersebut adalah Titan.

7. Uranus

Uranus adalah planet ketujuh dari Matahari dan planet yang terbesar ketiga dan terberat keempat dalam Tata Surya. Pada awalnya Planet ini ditemukan oleh seorang yang bernama Wilhelm Herschell pada tahun 1781 di Inggris. Revolusi dari Planet ini berkisar 84 tahun dan rotasinya 17 jam. Planet ini memiliki sebanyak 15 satelit dan 5 yang paling besar diantaranya adalah Miranda, Ariel, umbiel, titania dan yang terakhir adalah oberon.

8. Neptunus

Planet ini dikenal sebagai palnet yang lebih besar dari Bumi. Ini sering dinamakan sebagai kembaran uranus dan pila atau pembuat ulah karena sering meninggalkan tempat awalnya. Jarak planet ini dari Matahari 2.869 km. Rotasinya sekitar 16 jam dan Revolusinya 165 tahun. Neptunus dikatakan memiliki 8 satelit dan hanya 3 yang besar yaitu triton, nereis dan proteus.

9. Pluto

Planet yang paling kecil diantara planet lainnya adalah Pluto. Dikatakan planet ini ditemukan oleh seoarang astronom Amerika serikat yang bernama Clyde W. Yombough pada tahun 1930. Jarak planet ini dari Matahari berkisar 5.943 juta km. Rotainya 6,4 hari dan revolusinya 248,4 km.

Pluto merupakan planet terkecil dalam tata surya. Planet ini ditemukan oleh Clyde W. Yombough, seorang astronom Amerika Serikat pada tahun 1930.

Gays, itulah beberapa Planet yang kita kenal selama ini. Semoga saja dengan apa yang kami jelaskan disini menjadi sumber ilmu pengetahuan yang bermanfaat serta berguna bagi banyak orang. Selamat membca ya Gays.